Learning Center Bawang Putih Hadir di Kabupaten Tegal, Ganjar: Jadi Pusat Perbenihan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:06 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, di kantornya, Selasa (2/8/2022). (dok Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, di kantornya, Selasa (2/8/2022). (dok Humas Jateng)

SEMARANG, AYOTEGAL.COM - Guna mengembalikan kejayaan bawang putih di Kabupaten Tegal kini hadir learning center di sentra tanaman bawang putih Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

Bank Indonesia berupaya membangkitkan kembali kejayaan bawang putih seperti era 1980-an dengan keberadaan learning center.

Hal tersebut mendapat perhatian dari Gubernur Ganjar Pranowo. Menurutnya, hingga kini bawang putih masih menjadi komoditas impor tertinggi. Dan Jawa Tengah terbukti memiliki sejarah kejayaan bawang putih.

Baca Juga: Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Gelar Lomba Jingle Gempur Rokok Ilegal, Ini Cara Mendaftarnya

“Maka ketika Presiden memerintahkan agar kita punya ketahanan pangan, khususnya yang di bawang putih kita dorong. Nah kita kerja sama dengan BI,” ujar Ganjar, seusai menerima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, di kantornya, Selasa (2/8/2022).

Dalam pertemuan itu, dilansir dari laman Humas Jateng, Ganjar diundang untuk meresmikan learning center bawang putih di Kabupaten Tegal. Pusat pendidikan ini dilatarbelakangi perjalanan panjang para petani di Kabupaten Tegal.

“Orang yang dulu sempat bisnisnya bangkrut, para petani kemudian kembali dan memulai lagi, sekarang sudah terlihat hasilnya bagus,” kata Ganjar.

Salah satu buktinya, imbuhnya, para petani di sana mampu swadaya mendirikan Masjid Bawang. Bahkan belasan petani bisa berangkat haji.

“Artinya bawang putih pernah berjaya, ada di Jawa Tengah, ada di sekitar Tegal di Guci sana, dan ini bisa kita hidupkan kembali,” katanya.

Ganjar berharap, ke depan learning center bawang putih ini bisa direplikasi daerah lain. Mantan anggota DPR RI ini juga menginginkan learning center itu bisa jadi pusat perbenihan khusus bawang putih.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Sumber: Humas Jateng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejumlah Pejabat Utama Polres Pemalang Dimutasi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 21:20 WIB
X