Cara Merawat Mesin Cuci Sesuai Tipe

- Selasa, 15 November 2022 | 16:33 WIB

 

AYOTEGAL.COM - Untuk mempermudah dalam beraktivitas, mesin cuci menjadi salah satu pilihan agar dapat menghemat waktu mencuci pakaian. Dengan menggunakan mesin cuci, pakaian dapat dengan cepat bersih dan kering tepat waktu.

Ada beragam jenis dan brand mesin cuci dengan tipe yang berbeda. Jika Anda sedang mencari mesin cuci berkualitas dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mengunjungi berbagai mesin cuci di Blibli. Dengan transaksi yang aman serta pengajuan cicilan yang mudah membuat Anda tidak perlu ragu membeli mesin cuci melalui Blibli, karena Blibli selalu memahami kebutuhan Anda.

Perlu Anda ketahui, mesin cuci memiliki beberapa tipe. Berikut ini beberapa tipe mesin cuci:

Tipe-tipe Mesin Cuci

1.    Mesin Cuci Front Loading

Dari segi bentuk, mesin cuci front loading menempatkan pintu mesin cuci di bagian depan. Dengan desain seperti ini, Anda dapat dengan mudah memasukkan pakaian kotor tanpa perlu mengangkat pakaian ke bagian atas. Selain itu, mesin cuci front loading juga memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding mesin cuci tipe lain.

2.    Mesin Cuci Top Loading

Berbeda dengan tipe front loading, pintu mesin cuci top loading berada di bagian atas. Lalu, bentuk mesin cuci juga cenderung memanjang. Walaupun saat memasukkan pakaian kotor tidak semudah tipe front loading, mesin cuci top loading unggul mengenai efisiensi konsumsi listrik, karena mesin cuci ini lebih cepat dalam mencuci pakaian. Kapasitas pakaian yang dapat ditampung pun tergolong besar, walaupun tidak sebanyak tipe front loading.

3.    Mesin Cuci Twin Tub

Yang terakhir adalah jenis mesin cuci twin tub. Bentuknya cukup berbeda dari dua tipe sebelumnya. Mesin cuci ini memiliki ukuran yang lebih besar, karena memiliki dua tabung yang terpisah untuk proses mencuci dan pengeringan. Biasanya, mesin cuci tipe twin tub memiliki fitur yang lebih sederhana dibandingkan tipe lainnya. Fitur seperti timer dan tipe pencucian menjadi standar pada mesin cuci tipe twin tub.

Setelah memahami jenis-jenis mesin cuci, Anda dapat menyesuaikan tipe mesin cuci seperti apa yang Anda butuhkan.

Jika nanti Anda sudah memiliki mesin cuci, simak langkah mudah berikut ini untuk merawat umur mesin cuci Anda:

Tips Merawat Mesin Cuci

1.    Bersihkan Saringan dan Tabung Mesin Cuci

Filter atau saringan merupakan bagian yang penting pada mesin cuci. Sesuai namanya, saringan berfungsi untuk menyaring kotoran saat pakaian kotor sedang dicuci oleh mesin. Kotoran seperti pasir halus biasanya menumpuk pada bagian ini. Selain menyaring kotoran, saringan juga berfungsi untuk melancarkan aliran air yang masuk saat mesin sedang mencuci pakaian Anda.

Tabung mesin cuci juga perlu Anda bersihkan. Biasanya, deterjen meninggalkan noda atau residu di tabung mesin cuci. Jika tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama, maka bisa saja proses mencuci pakaian tidak optimal dan tidak bersih sepenuhnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Terkini

Seru, Ribuan Bikers Yamaha XMax Tumplek Blek di Jogja

Minggu, 27 November 2022 | 17:32 WIB

Tiga Fakta Menarik Rights Issue BBTN

Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB

Cara Merawat Mesin Cuci Sesuai Tipe

Selasa, 15 November 2022 | 16:33 WIB
X