Fasilitasi Permohonan SIM C Disabilitas Tuna Rungu, Polres Pemalang Siapkan Petugas Khusus dan Penerjemah

- Rabu, 16 November 2022 | 17:58 WIB
Pelayanan SIM C Disabilitas tuna rungu Satlantas Polres Pemalang (dok)
Pelayanan SIM C Disabilitas tuna rungu Satlantas Polres Pemalang (dok)

PEMALANG, AYOTEGAL.COM - Satlantas Polres Pemalang memfasilitasi permohonan surat izin mengemudi atau SIM C penyandang disablitas tuna rungu.

Ada 12 penyandang disabilitas tuna rungu yang telah mengajukan pelayanan SIM C ke Satlantas Polres Pemalang, Rabu 16 November 2022.

Merespons pengajuan SIM C penyandang disabilitas tuna rungu tersebut, Satlantas Polres Pemalang menyiapkan petugas dan penerjemah secara khusus.

Baca Juga: Fitch Naikkan Rating Nasional Jangka Panjang bank bjb Menjadi AA-(Idn) dengan Outlook Stabil

Petugas tersebut akan memandu penyandang disabilitas tuna rungu mulai dari tahap awal ujian SIM hingga selesai.

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo melalui Kasat Lantas AKP Achmad Reidwan Prevoost mengatakan, pihaknya menugaskan sejumlah personil yang secara khusus membantu mengarahkan dalam setiap tahapan pembuatan SIM.

“Kami juga menghadirkan penerjemah untuk membantu komunikasi penyandang disabilitas tuna rungu dengan petugas pelayanan SIM,” kata Kasat Lantas.

Dijelaskan oleh AKP Achmad Reidwan, pelayanan pembuatan SIM bagi penyandang disabilitas dilakukan setiap seminggu sekali.

“Bagi penyandang disabilitas yang belum lulus ujian SIM pada hari ini, masih dapat mengulang satu minggu kemudian,” kata Kasat Lantas.

Menurut AKP Achmad Reidwan, penyandang disabilitas tuna rungu menjalani setiap tahapan ujian SIM yang sama dengan pemohon SIM umum, mulai dari tes psikologi, ujian Audio Visual Integrated System (AVIS) dan ujian praktik.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seru, Ribuan Bikers Yamaha XMax Tumplek Blek di Jogja

Minggu, 27 November 2022 | 17:32 WIB
X